Surabaya – Madura

     Iseng-iseng berhadiah saat siang-siang boring di kamar kost. Setelah sholat dhuhur aku memutuskan mbolang ke Jembatan SURAMADU (Jembatan penghubung Surabaya Madura yang terkenal itu lho) dan ke KENPARK (Kenjeran Park). Kedua tempat ini belum pernah aku datengi. Bilang aku norak atau apapun, aku memang belum pernah mengunjungi kedua tempat ini. Mungkin SURAMADU wajar aku nggak pernah karena kan aku nggak punya sodara di Madura dan nggak pernah berkepentingan pergi kesana. Tapi kalau ke KENPARK mungkin sebagian orang yang tinggal di Surabaya bilang aku ndeso nggak pernah kesana, padahal aku tinggal di Surabaya dan juga image KENPARK yang aku dengar dari teman-teman itu tempat yang nggak baik. Meski begitu aku tetep penasaran dan pengen tau seperti apa tempatnya. Masak kalah sama temenku yang luar kota, dia udah pernah kesana aku malah belum sama sekali. Catat ya belum pernah sama sekalipun ke KENPARK.

     Jembatan SURAMADU adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia. Panjang jembatan ini panjang 5.438 m dan jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini (Wuuuuuuuooo hebat). (dikutip dari Wikipedia).

     Jembatan ini bagus banget, nggak kalah sama jembatan-jembatan yang di luar negeri. Keren pkoknya. Sewaktu melintas aku memikirkan hal yang bodoh sekaligus kekanak-kanakan. *sesi ngomong dalam sendiri* Pinter banget ya manusia itu. Begitu brilian otak manusia itu bisa mendirikan bangunan diatas laut. Ini semua kan besi, kok bisa ditaruh diatas laut. Angkutin peralatannya gimana, pak tukangnya nggak takut tenggelam waktu bikin, pak tukang nggak takut digigit hiu, salut sama orang-orang yang berpartisipasi mengerjakan proyek megah ini. Thank to Allah SWT yang memberikan nikmat pikiran mengenal ilmu pengetahuan sehingga bisa menciptakan sebuah karya. Oke, skip ngomong sendirinya. Terasa angin berhembus yang cukup kuat, kanan kiri udah pasti laut, dan terlihat juga ada kapal ferri mengangkut barang. Setelah sampai di madura, aku coba terus menelusuri jalan. Panas banget, terik banget mataharinya. Memang sih kanan kiri sawah tapi panas. Tapi pemandangannya tetep bagus kok. Dan akhirnya memutuskan untuk puter balik aja, karena dari pintu keluar SURAMADU menuju kotanya masih jauh banget.

Ini dokumentasinya selama perjalanan melintasi SURAMADU. Oh ya, foto ini diambil diatas motor. Karena kita tidak diperbolehkan untuk turun/ berhenti di jembatan kecuali darurat.

Sewaktu melintas di jembatan ini anginnya Wuuuuuuuus… bablas angine..

Coba perhatikan gambar lebih detail. Sayang banget jembatan ini udah ada yang karatan.

Coba perhatikan gambar lebih detail. Sayang banget jembatan ini udah ada yang karatan.

Jembatan SURAMADU adalah jempatan terpanjang di Indonesia. Tapi sayangku ke kamu jauh melebihi jembatan terpanjang di dunia. *sesi gombal* Hahaha

Jembatan SURAMADU adalah jempatan terpanjang di Indonesia. Tapi sayangku ke kamu jauh melebihi jembatan terpanjang di dunia. *sesi gombal* Hahaha

Taman dideket pintu loket

Taman dideket pintu loket

Kapal ferri. Kalau ngomongin kapal ferri jadi kangen sama Bali. Tiap pulang ke Bali selalu naik kapal ferri.

Kapal ferri. Kalau ngomongin kapal ferri jadi kangen sama Bali. Tiap pulang ke Bali selalu naik kapal ferri.

Ini dia Jembatan SURAMADU. Jembatan terpanjang di Indonesia. Kata orang dimalam hari jembatan ini jadi lebih keren jadi obyek foto.

Ini dia Jembatan SURAMADU. Jembatan terpanjang di Indonesia. Kata orang dimalam hari jembatan ini jadi lebih keren jadi obyek foto.

     Setelah SURAMADU perjalanan dilanjutkan KENPARK. Memasuki KENPARK jauh dari perkiraanku sebelumnya. Tempatnya memang kurang begitu bagus dan terawat. Dan ternyata benar kata teman-temanku tempat ini banyak digunakan untuk ajang pacaran. Tempatnya itu sepi, orang-orang yang berjualan juga nggak tertata rapi. Hmmm… sayang banget tempat ini. Padahal menurutku potensi tempat ini bakal besar banget bagi pariwisata yang ada di Surabaya. Aku sempet bilang ke temenku “kamu bikin konsep untuk merenovasi KENPARK yang bagus, biar kayak JATIM PARK gitu”. Dia bilang”iya ntar tugas akhirku bikin konsep wisata edukasi buat KENPARK”. Bener-bener sayang banget lho tempatnya. Aku yang bukan orang dibidang arsitek atau teknik sipil bisa membaca bakal jadi tempat yang bagus banget KENPARK ini jika direnovasi dan diolah dengan profesional seperti tempat wisata lainnya. Semoga TA temenku bisa terwujud untuk memperbaiki KENPARK menjadi lebih baik. Supaya wisata atau tempat liburan bukan cuman berkenjung ke mall tapi kembali ke alam. Amin..

Foto-foto di KENPARK yang bagus cuman ini. Ini salah satu tempat ibadah. Aku mengagumi bentuk arsitek Cina ini, dominan merah. Keren deh..

KENPARK

KENPARK

KENPARK

KENPARK

 Tiwied

:)

About these ads

2 thoughts on “Surabaya – Madura

  1. Keren…aku juga mikir hal yang sama lho, pas tahu jembatan suramadu udah ada, itu pasti bikinnya susah banget deh, Maha Suci Allah yang sudah menciptakan akal yang bisa digunakan oleh manusia untuk berfikir dan menyelesaikan masalah-masalah kehidupannya :)
    Sukses buat temanmu ya, bakalan bagus banget kalau bisa terealisasikan, daripada jadi tempat orang pacaran aja, hehe.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s