Taman Safari Indonesia II – Prigen

Paragraf pertama aku awali dengan kalimat khas mahasiwswa kost2an yang sibuk skripsi hehehe… Ditengah kesibukan mencari semangat mengerjakan skripsi aku sebagai bocah petualang angin-anginan berkesempatan untuk mbolang lagi. Maksudnya angin-anginan, kalau ada uang berpetualang/ pergi-pergi, kalau uang dompet lagi tipis ya mencari hiburan yang irit atau bahkan tidak mengeluarkan uang (cari gratisan). Maklumlah uang mahasiswa yang sedang nge-kost dan skripsi terbatas. Jadi kalau mau mbolang harus nabung dulu.Akhir bulan April 2013 kemarin aku mbolang ke Taman Safari Indonesia II – Prigen. Kali pertama masuk Taman Safari, suasana hutan banget. Waktu aku dateng kesana hari kamis, hari dimana orang-orang pada sibuk kerja dan aku malah jalan-jalan. Dateng hari kamis karena bagi bocah petualang anginan-anginan tiket masuk Taman Safari atau tempat wisata lainnya dihari kerja itu murah dibanding weekend hahaha… Untuk lebih jelasnya harga tiket, fasilitas, dan seluruh informasi apa aja yang ada di Taman Safari Indonesia II – Prigen seperti biasa tanyakan semuanya pada Mbah Google dan buka juga pages di Facebook.

     Aku berangkat dari Surabaya sekitar jam 7.00 WIB (Waktu Indonesia bagian Babatan, jam kostku maksudnya). Sampai disana pas waktu jam operasional Taman Safari sekitar jam 8.30. Seperti yang aku bilang diawal suasananya hutan banget. Sempet takut waktu masuk. Susananya dingin karena banyak pohon-pohon besar, terdengar suara binatang-binatang, dan sepi. Kenapa sepi? gimana nggak sepi dateng hari kamis, hari kerja, bukan hari libur untuk anak-anak yang masih sekolah dan ibuk bapaknya juga kan kerja jadi nggak bisa ngajak anak-anaknya jalan-jalan. Tapi bagi anak kuliahan setiap hari bisa jadi hari libur. Kenapa? tau sendiri kan yang mahasiswa nakal , kreatif, dan aktif kita bisa ambil jatah bolos yang biasanya 4x atau titip absen hehehe.. (Peringatan bagi mahasiswa yang baik jangan ditiru ya). Tapi waktu aku kesini aku lagi libur lho nggak bolos. Oke skip, cukup cerita membongkar aib mahasiswa kembali ke Taman Safari.

     Oh ya, kenapa aku pilih Taman Safari Indonesia II – Prigen? Karena aku belum pernah kesana, lokasinya nggak terlalu jauh dari Surabaya dan aku udah lama banget nggak liat binatang-binatang. Terakhir kali liat binatang-binatang waktu SD kelas 5 di Kebun Binatang Surabaya (KBS), sekarang aku udah semester 8. Nah ketauan kan udah tua gini.

      Memasuki gerbang Taman Safari aku udah mulai girang kayak anak SD habis ujian terus diajakin jalan-jalan, teriak-teriak diatas motor (untung aja lagi sepi jadi nggak diliatin orang-orang), tapi beneran nggak boong tempatnya bagus. Perjalanan mulai pintu gerbang menuju lokasi Taman Safari ternyata lumayan jauh kalau nggak salah inget sekitar 5km’an. Lumayan jauh tapi selama perjalanan pemandangan juga nggak kalah bagusnya. Aku melintasi sawah, hutan, dan sebuah desa. Ketika melintasi desa terlihat rumah-rumah khas perkampungan yang kelihatan asri banget dan enak kalau ditempati tiap weekend sama keluarga (semacam villa gitu), selain itu juga terpikirkan “gimana ya orang-orang ini bisa hidup lama disini, mereka kalau mau beli kebutuhan gimana ya (nggak ada supermarket), terus kalau beli baju gimana, di desa jauh dari mall, dan mereka kalau mau nonton bioskop gimana (korban mall, kebiasan anak kota yang sering nongkrong di mall)”. Kalimat barusan menyatakan aku nggak bisa pergi jauh-jauh dari yang namanya mall hehehe… Dan masih banyak lagi pikiran-pikiran ajaib lainnya yang muncul selama melintasi desa dan akhirnya kita sampai di Taman Safari Indonesia II – Prigen.

Masuk lokasi Taman Safari aku disambut dengan pohon-pohon besar, suasana yang hutan banget seperti yang aku bilang tadi. Kita berhenti di loket pembelian tiket sekaligus karcis parkir. Dari loket tiket terdengar dengan jelas suara serangga (di kota udah nggak bisa denger yang kayak begini, yang ada suara klakson motor/ mobil) dan binatang-binatang yang ada dalam hutan. Jangan tanya udara disini yang pasti dingin, udara bersih, dan enak banget. Udaranya dingin, lokasi hutan, bagaimana dengan airnya? beeeeeeeerrrr dingiiin... pake banget.. Seneng banget sama suasananya. Setelah parkir motor aku menunggu bis jemputan untuk memasuki area binatang di dalam Taman Safari. Selama menunggu suasananya sepi, ya karena memang bukan hari libur. Menunggu bis sekitar 15 menit kalau nggak salah dan petualangan di Taman Safari Indonesia II – Prigen dimulai dari sini.

Pintu Gerbang

Pintu Gerbang Taman Safari Indonesi II – Prigen

Ini masih jauh lho ternyata masuknya

Gerbang masuk ke TSI II – Prigen. Ini masih jauh lho ternyata masuknya

Mulai masuk menjelajahi area menggunakan Bus Taman Safari setelah itu kita akan melihat binatang bertebaran dijalan-jalan . Di Taman Safari kita yang dikurung didalam, binatang-binatang yang ngeliatin kita dari luar. Beberapa foto binatang aku lupa namanya. Hehehe… maaf memoriku terbatas kalau udah masuk data baru suka lupa data lama.

Bagaikan hutan yang berada di Forks serial Twilight. Jadi keinget adegan Edwart membuka identitasnya yang ternyata vampire Bella.

Bagaikan hutan yang berada di Forks serial Twilight. Jadi keinget adegan Edwart membuka identitasnya yang ternyata vampire ke Bella.

Mungkin ini kumbang atau apalah namanya, yang pasti jenis serangga Ini binatang pertama yang aku lihat di TS. Kali pertamanya aku liat serangga segede ini.

Mungkin ini kumbang atau apalah namanya, yang pasti jenis serangga Ini binatang pertama yang aku lihat di TS. Kali pertamanya aku liat serangga segede ini.

Ini mungkin Bison kayaknya. Aku lupa namanya.

Ini mungkin Bison kayaknya. Aku lupa namanya.

Ini salah satu binatang yang aku lupa namanya. Googling aja deh. Eh bentar, kata temen disebelahku namanya "Llama".

Ini salah satu binatang yang aku lupa namanya. Googling aja deh. Eh bentar, kata temen disebelahku namanya “Llama”.

Ini Rusa. Seperti di film Twilight. Rusa adalah binatang pertama yang muncul diawal adegan dan kemudian dia diterkam oleh vampire.

Ini Rusa. Seperti di film Twilight. Rusa adalah binatang pertama yang muncul diawal adegan dan kemudian dia diterkam oleh vampire.

Binatangnya nggak terlalu kelihatan. Mungkin dia sebangsa anjing atau serigala, hehehe aku lupa.

Binatangnya nggak terlalu kelihatan. Mungkin dia sebangsa anjing atau serigala, hehehe aku lupa.

Ini Beruang. Gede banget kalau liat aslinya. Lebih gede dia daripada aku. hahaha

Ini Beruang. Gede banget kalau liat aslinya. Lebih gede dia daripada aku. hahaha

Buaya putih.  Buaya putih ini mungkin pernah main di filmnya Susana. Hehehe..

Buaya putih.
Buaya putih ini mungkin pernah main di filmnya Susana. Hehehe..

Segerombolan genk Buaya di daratan. Eiits.. bukan buaya darat lho..

Segerombolan genk Buaya di daratan. Eiits.. bukan buaya darat lho..

Kalau liat secara langsung banyak banget lalet yang ngerubungi Buaya.

Kalau liat secara langsung banyak banget lalat yang ngerubungi Buaya.

Harimau

Harimau

Harimau ini masuk kalangan Harimau borju. Dia nggak level tidur di tanah. Makanya tidur diatas mobil.

Harimau ini masuk kalangan Harimau borju. Dia nggak level tidur di tanah. Makanya tidur diatas mobil.

Harimau lainnya. Ini sepertinya jenis kelaminnya betina.

Harimau lainnya. Ini sepertinya jenis kelaminnya betina.

Singa ini duduk dengan santainya di tengah jalan dan nggak takut ditabrak.

Singa ini duduk dengan santainya di tengah jalan dan nggak takut ditabrak.

Bagaikan film-film petualangan Indiana Jones.

Bagaikan film-film petualangan Indiana Jones.

TSI II - Prigen

Orangutan. Katanya spesies ini makin langka.

Orangutan. Katanya spesies ini makin langka.

Hehehe.. ada Rusa lagi. Mungkin beda jenis, enggak tau juga sih.

Hehehe.. ada Rusa lagi. Mungkin beda jenis, enggak tau juga sih.

Mungkin ini sejenis Sapi. Aku masih aja lupa namanya.

Mungkin ini sejenis Sapi. Aku masih aja lupa namanya.

Lagi asyik makan.

Lagi asyik makan.

Segerombolan Rusa

Segerombolan Rusa. Kali ada yang Rusa punya tanduk.

Ini Tapir

Ini Tapir

Ini Si Babe. Babi maksudnya.

Ini Si Babe. Babi maksudnya.

Badak Bercula. Gede banget badannya.

Badak Bercula. Gede banget badannya.

Sepasang Zebra sedang bercengkrama.

Sepasang Zebra sedang bercengkrama. Motif garis2 pada Zebra itu beda antara Zebra satu dengan lainnya, seperti sidik jarinya manusia.

Gajah. Hehehe maaf ya kotorannya kefoto. Aku pernah tau ada liputan kalau kotoran Gajah bisa dipakai sebagai kertas.

Gajah. Hehehe maaf ya kotorannya kefoto. Aku pernah tau ada liputan kalau kotoran Gajah bisa dipakai sebagai kertas.

Unta lagi cari makan.

Unta lagi hangout bareng cari makan.

Binatang apa ini?? Jawabnnya difoto berikutnya

Binatang apa ini?? Jawabnnya difoto berikutnya

Benar bagi yang menjawab Hippo atau Kuda Nil. Ini temennya Gloria yang ada di Madagaskar.

Benar bagi yang menjawab Hippo atau Kuda Nil. Ini temennya Gloria yang ada di Madagaskar.

Aku lupa nama binatang ini. heheh maaf ya..

Aku lupa nama binatang ini. heheh maaf ya..

Burung Pelikan. Ini Burung yang ada di film Finding Nemo.

Burung Pelikan. Ini Burung yang ada di film Finding Nemo.

Burung Unta. Ini Burung ini nggak bisa terb.ang, tapi larinya kenceng banget. Posenya buang muka. Lagi nggak pengen difoto.

Burung Unta. Ini Burung ini nggak bisa terb.ang, tapi larinya kenceng banget. Posenya buang muka. Lagi nggak pengen difoto.

Giraffe. Penggemar LeeKwangsoo di Running Man pasti seneng banget sama biantang satu ini.

Giraffe. Penggemar LeeKwangsoo di Running Man pasti seneng banget sama binatang satu ini.

Persahabatan antara 2 makhluk berbeda jenis.

Persahabatan antara 2 makhluk berbeda jenis.

Genk Burung Onta yang nggak setuju sama ubungan Giraffe dan temannya.

Genk Burung Onta yang nggak setuju hubungan Giraffe dengan temannya.

Ini masuk jenis Burung. Aku lupa lagi namanya. Penasaran datang langsung aja di TSI II- Prigen

Ini masuk jenis Burung. Aku lupa lagi namanya. Penasaran datang langsung aja di TSI II – Prigen

Keliling Taman Safari liat binatang naik Bus udah selesai. Foto dibawah ini sewaktu udah turun dan berhenti di halte. Setelah ini aku masih muter-muter keliling liat pertunjukan yang ada di Taman Safari Indonesi II – Prigen. Liat pertunjukannya gratis, kalau mau naik wahananya bayar.

Membaca peta. Like a Dora Explorer.

Membaca peta. Like a Dora Explorer.

Istiraha bentar di halte sambil baca peta

Istirahat bentar di halte sambil baca peta

Smilee.. (aku gendutan hehehe)

Smilee..
(aku gendutan hehehe)

Nggak jauh dari halte, aku lanjut nonton pertunjukan Gajah. Gajah yang tampil itu Gajah Sumatra. Ini dia kita tampilkan Gajah kebanggaan Taman Safari Indonesi II – Prigen… Jreeeng Jreeng *Niru gaya mbak2 yang bawain acara.

Seperti gajah. Tangannya niru belalai.

Ini bukan Gajah. Pose gaya  gajah. Tangannya niru belalai.

Gajah yang dibalkang lagi di brefing sama pelatihnya, dikasih motivasi, dikasih makan, suapaya tampilnya all out. hahaha...

Yang jilbab merah bukan Gajah atau pelatihnya. Gajah yang dibelakang lagi di brefing sama pelatihnya, dikasih motivasi, dikasih makan, suapaya tampilnya all out. hahaha…

Gajah Sumatra sedang beraksi

Gajah Sumatra sedang beraksi

Perhatikan Gajahnya bukan Mbak2nya ya.. hehehe

Perhatikan Gajahnya bukan Mbak2nya ya.. hehehe

Gajah duduk. Ini bukan merk sarung

Gajah duduk. Ini bukan merk sarung

Gajah ini apa nggak capek ya?? Tiap hari perform.

Gajah ini apa nggak capek ya?? Tiap hari perform.

Kira2 kuat nggak kalau aku yang ditaruh di kedua belalainya?? Oke skip.

Kira2 kuat nggak kalau aku yang ditaruh di kedua belalainya?? Oke skip.

Setelah pertunjukan selasai ada sesi foto dan ngasih makan gajah. Aku nggak ikut karena bayar Rp 10.000 hehehe kan lagi hemat.

Setelah pertunjukan selasai ada sesi foto dan ngasih makan gajah. Aku nggak ikut karena bayar hehehe kan lagi hemat..

Pertunjukan berikutnya bercerita tentang penebangan hutan liar. Binatang-binatang yang tampil itu ada Orang Utan, anjing, burung-burung, hamster, dll. Ini sedikit fotonya, karena aku asyik nonton daripada foto.

OrangUtan dan Pemburu liar

Orang Utan dan Pemburu liar

Orang Utan melepaskan tali yang mengikat anjing.

Orang Utan melepaskan tali yang mengikat anjing.

Orang Utan dan Penjaga hutan sedang menyiram pohon.

Orang Utan dan Penjaga hutan sedang menyiram pohon.

Salah satu adegan yang lucu banget waktu pertujukan. Si Orangutan ngambil sapu tangan penjaga hujan.

Salah satu adegan yang lucu banget waktu pertujukan. Si Orangutan ngambil sapu tangan penjaga hujan.

Penjaga hutan menemukan alat pemotong pohon.

Penjaga hutan dan Orang Utan lagi gebuki Penebang liar.

Penebang liar & Orang Utan

Penebang liar & Orang Utan

Hewan berkumpul

Hewan-hewan berkumpul. Itu gambar burung-burung beterbangan.

Pertunjukan selesai. Pesan yang disampaikan adalah "Jagalah Kelestarian hutanmu. Jangan biarkan hewan-hewan tidak memiliki rumah/ kehilangan habitat aslinya"

Pertunjukan selesai. Pesan yang disampaikan adalah “Jagalah Kelestarian hutan. Jangan biarkan hewan-hewan tidak memiliki rumah/ kehilangan habitat aslinya”. Lestarikan agar dapat dilihat/ diwariskan pada generasi berikutnya.

Jalan-jalan keliling Taman Safari. Sesi foto buat aku.. Hehehe..

Berada di jembatan goyang

Berada di jembatan goyang

Di foto ini aku meringis ketakutan karena diatasku banyak sawang laba-laba. Jangan tanya laba-labanya segede apa, gedenya pake banget. Aku ketakutan takut digigit. Kalau aku digigit ntar jadi Spider Girl gantiin Peter Parker.

Di foto ini aku meringis ketakutan karena diatasku banyak sawang laba-laba. Jangan tanya laba-labanya segede apa, gedenya pake banget. Aku ketakutan takut digigit. Kalau aku digigit ntar jadi Spider Girl gantiin Peter Parker.

Foto dengan pose paling bagus dari sekian fotoku lainnya di TS

Foto dengan pose paling bagus dari sekian fotoku lainnya di TS

Ini ular. Mungkin ini Nagini Horcrux Voldemort.

Ini ular. Mungkin ini Nagini Horcrux Voldemort.

Sipanse. Kabarnya Sipanse binatang yang pintar seperti manusia.

Sipanse. Kabarnya Sipanse binatang yang pintar seperti manusia.

Harimau

Harimau

Saatnya pertunjukan binatang yang hidup di laut. Anjing Laut dan Lumba-Lumba

Anjing laut. Ternyata gede ya ukurannya..

Anjing laut. Ternyata gede ya ukurannya..

Ciiieee Anjing lautnya lagi ciuman.

Ciiieee Anjing lautnya lagi ciuman.

Atraksi lumba-lumba. Cewek2 pecinta dolphin pada teriak2. Jujur ini kali pertama aku liat pertunjukan lumba-lumba.

Atraksi lumba-lumba. Cewek2 pecinta dolphin pada teriak2. Jujur ini kali pertama aku liat pertunjukan lumba-lumba.

Ini sesi lumba-lumba yang perform dikasih reward berupa ikan makanannya oTapi ada lumba-lumba yang nggak ikut perform (sebelah kiri foto) ikut nongol pengen dapet makan juga.

Ini sesi lumba-lumba yang perform dikasih reward berupa ikan makanannya. Tapi ada lumba-lumba yang nggak ikut perform (sebelah kiri foto) ikut nongol pengen dapet makan juga.

Lompat masuk lingkaran. Hebat ya pelatihnya bisa ngelatih.

Lompat masuk lingkaran. Hebat ya pelatihnya bisa ngelatih.

Giring bola

Giring bola

Lumba-lumba ini lagi lompat nyundul bola

Lumba-lumba ini lagi lompat nyundul bola

Sesi dicium sama Lumba-lumba bagi yang bisa menangkap bola yang disundul lumba-lumba. Sayangnya aku nggak dapet.

Sesi dicium sama Lumba-lumba bagi yang bisa menangkap bola yang disundul lumba-lumba. Sayangnya aku nggak dapet.

Lagi joget nih lumba-lumbanya

Lagi joget nih lumba-lumbanya

TSI II - Prigen

TSI II - Prigen

Aksi terakhir dari lumba-lumba. Setelah ini ada sesi foto sama lumba-lumba. Nah ini bayar, aku gak ikutan.

Aksi terakhir dari lumba-lumba. Setelah ini ada sesi foto sama lumba-lumba. Nah ini bayar, aku gak ikutan.

Saatnya makan.. Capek keliling. Aku milih Restoran Tiger Cave. Ini restoran paling mahal yang pernah aku kunjungi. Disini kita bisa liat macan putih. Ukuran mahal makanannya karena mengurang kantong seorang backpacker seperti aku. Hehehe..

Restoran Tiger Cave

Selama nunggu pesenan aku foto-foto.

Selama nunggu pesenan aku foto-foto.

Juice Orange & Juice Mixed

Juice Orange & Juice Mixed

Saatnya makan. Jus dan Pizza. Jangan tanya harga.

Saatnya makan. Jus dan Pizza. Jangan tanya harga.

Pizza..

Pizza..

Maaf ya ini fotonya. 2 Harimau sedang melampiaskan hasratnya.

Maaf ya ini fotonya. 2 Harimau sedang melampiaskan hasratnya.

Makan...

Makan…

Setelah dari makan makanan mahal. Di waktu yang sama ada pertunjukan burung-burung. Aku cuman sempet liat sebentar. Ini foto-fotonya yang bisa diambil.

Elang

Elang

Elangnya lagi nggak mau difoto

Elangnya lagi nggak mau difoto

Setelah pertunjukan burung-burung masih ada satu pertunjukan lagi. Pertunjukan ini pertunjukan baru. Namanya Temple of Terror. Isinya adegan-adegan bahaya. Disni nggak boleh direkam atau foto. Jadi kalau pengen tau dateng aja langsung ya..

Taman Safari Prigen II recomended untuk dikunjungi. Nggak cuman cocok buat anak-anak tapi untuk semua kalangan. Bagian ini lagi promosi hehehe sapa tau dikasih hadiah karena bantuin promosi.

Ini cerita mbolangku yang menyenangkan ditengah motivasi rendah mengerjakan skripsi. Pulang dari sini freeeeees… Sampai ketemu di cerita mbolang lainnya.

Tiwied

🙂

2 thoughts on “Taman Safari Indonesia II – Prigen

Tinggalkan Balasan

